Resource Based Learning (RBL)
Resource Based Learning (RBL) adalah proses
pembelajaran yang langsung menghadapkan peserta didik dengan suatu atau
sejumlah sumber belajar secara individual atau kelompok dengan segala kegiatan
yang bertalian dengan itu, jadi bukan dengan cara yang konvensional di mana
guru menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik.
Dalam model Resource Based Learning (RBL), guru bukan merupakan
sumber belajar satu satunya. Peserta didik dapat belajar dalam kelas, dalam
laboratorium, dalam ruang perpustakaan, dalam ruang sumber belajar yang khusus
atau bahkan di luar sekolah, bila ia mempelajari lingkungan berhubungan dengan
tugas atau masalah tertentu.
Belajar berdasarkan sumber atau resource based learning, bukan sesuatu yang berdiri
sendiri, melainkan bertalian dengan sejumlah perubahan perubahan yang
mempengaruhi pembinaan kurikulum. Perubahan perubahan itu mengenai:
- Perubahan dalam sifat dan pola ilmu pengetahuan
manusia.
- Perubahan dalam masyarakat dan tafsiran kita
tentang tuntutannya.
- Perubahan tentang pengertian kita tentang anak
dan caranya belajar.
- Perubahan dalam media komunikasi.
Ciri-ciri
belajar berdasarkan sumber (resource based learning),
yaitu:
- Memanfaatkan sepenuhnya segala sumber informasi
sebagai sumber bagi pelajaran termasuk alat alat audio visual dan memberi
kesempatan untuk merencanakan kegiatan belajar dengan mempertimbangkan
sumber sumber yang tersedia.
- Berusaha memberi pengertian kepada peserta didik
tentang luas dan aneka ragamnya sumber sumber informasi yang dapat
dimanfaatkan untuk belajar.
- Berhasrat untuk mengganti pasivitas peserta didik
dalam belajar tradisional dengan belajar aktif didorong oleh minat dan keterlibatan
diri dalam pendidikannya.
- Berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar
dengan menyajikan berbagai kemungkinan tentang bahan pelajaran, metode
kerja, dan medium komunikasi yang berbeda sekali dengan cara konvensional.
- Memberi kesepatan kepada peserta didik untuk
bekerja menurut kecepatan dan kesanggupan masing masing.
- Lebih flexibel dalam penggunaan waktu dan ruang
belajar.
- Berusaha mengembangkan kepercayaan akan diri
peserta didik dalam hal belajar.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nasution, Berbagai Pendekatan dalam
Proses Belajar dan Mengajar, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010).
No comments:
Post a Comment