Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan
program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang
akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.
Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan
kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut
serta kebutuhan lapangan kerja.
Lama waktu
dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem
pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan
pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran
secara menyeluruh.
Komponen Kurikulum
Salah satu fungsi kurikulum ialah sebagai alat untuk mencapai tujuan
pendidikan yang pada dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen
penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka
mencapai tujuan tersebut. Komponen merupakan satu sistem dari berbagai komponen
yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, sebab kalau
satu komponen saja tidak ada atau tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Para ahli berbeda pendapat dalam menetapkan komponen-komponen kurikulum.
Ada yang mengemukakan 5 komponen kurikulum dan ada yang mengemukakan hanya 4
komponen kurikulum. Untuk mengetahui pendapat para ahli mengenai komponen
kurikulum berikut Subandiyah (1993: 4-6) mengemukakan ada 5 komponen kurikulum,
yaitu:
- komponen tujuan
- komponen isi/materi
- komponen media (sarana dan
prasarana)
- komponen strategi
- komponen proses belajar
mengajar.
Sementara Soemanto (1982) mengemukakan ada 4 komponen kurikulum, yaitu:
- Objective (tujuan)
- Knowledges (isi atau materi)
- School learning experiences
(interaksi belajar mengajar di sekolah)
- Evaluation (penilaian).
Pendapat tersebut diikuti oleh Nasution (1988), Fuaduddin dan Karya (1992),
serta Nana Sudjana (1991: 21). Walaupun istilah komponen yang dikemukakan
berbeda, namun pada intinya sama yakni:
- Tujuan
- Isi dan struktur kurikulum
- Strategi pelaksanaan PBM
(Proses Belajar Mengajar)
- Evaluasi.
Fungsi Kurikulum
Kurikulum
dalam pendidikan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
Fungsi kurikulum dalam rangka
mencapai tujuan pendididkan[sunting | sunting sumber]
Fungsi
kurikulum dalam pendidikan tidak lain merupakan alat untuk mencapai tujuan
pendididkan.dalam hal ini, alat untuk menempa manusia yang diharapkan sesuai
dengan tujuan yang diharapkan. Pendidikan suatu bangsa dengan bangsa lain tidak
akan sama karena setiap bangsa dan Negara mempunyai filsafat dan tujuan
pendidikan tertentu yang dipengaruhi oleh berbagai segi, baik segi agama,
idiologi, kebudayaan, maupun kebutuhan Negara itu sendiri. Dsdengan demikian,
dinegara kita tidak sama dengan Negara-negara lain, untuk itu, maka:
1.
Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan
nasional,
2.
Kuriulum merupakan program yang harus dilaksanakan oleh
guru dan murid dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan-tujuan itu,
3.
Kurikulum merupakan pedoman guru dan siswa agar terlaksana
proses belajar mengajar dengan baik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
Fungsi kurikulum bagi sekolah yang
bersangkutan
Kurikulum
Bagi Sekolah yang Bersangkutan mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.
Sebagai alat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan
2.
Sebagai pedoman mengatur segala kegiatan sehari-hari di
sekolah tersebut, fungsi ini meliputi:
o Jenis program
pendidikan yang harus dilaksanakan
o Cara
menyelenggarakan setiap jenis program pendidikan
o Orang yang
bertanggung jawab dan melaksanakan program pendidikan.
Fungsi kurikulum yang ada di atasnya[sunting | sunting
sumber]
1.
Fungsi Kesinambungan. Sekolah pada tingkat atasnya harus
mengetahui kurikulum yang dipergunakan pada tingkat bawahnya sehingga dapat
menyesuaikan kurikulm yang diselenggarakannya.
2.
Fungsi Persiapan Tenaga. Bilamana sekolah tertentu diberi
wewenang mempersiapkan tenaga guru bagi sekolah yang memerlukan tenaga guru
tadi, baik mengenai isi, organisasi, maupun cara mengajar.
No comments:
Post a Comment