. Model Pembelajaran Course Review Horay (CHR)
Menurut Kisworo (2007) Model
Pembelajaran Course Review Horay merupakan
suatu model pembelajaran kooperatif dengan pengujian pemahaman dengan
menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang
saling dulu mendapatkan jawabannya, yang saling dulu mendapatkan tanda benar
langsung berteriak horay.
Menurut Suyatno (2009:218) Model
Pembelajaran Course Review Horay adalah
Pembelajaran kooperatif yang memiliki sintak informasi kompetensi, sajian
materi, tanya jawab untuk pemantapan siswa atau kelompok untuk menuliskan nomor
sembarang atau dimasukkan ke dalam kotak , guru membacakan soal yang nomornya
diacak, siswa yang punya nomor yang sama dengan nomor soal yang dibacakan guru
berhak menjawab, jika benar maka diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel
hore atau lainnya, pemberian reward, penyimpulan serta refleksi.
Berdasarkan pendapat diatas dapat
disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Course
Review Horay adalah Suatu pembelajaran dalam rangka pengujian terhadap
pemahaman konsep siswa dengan menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan
diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu
mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yelnya. Melalui Pembelajaran
Course Review Horay diharapkan dapat
melatih siswa dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukan kelompok kecil.
2.1.2. Langkah-langkah model
pembelajaran Course Review Horay (CHR)
Menurut Suyatno (2009;71) Langkah-langkah
model pembelajaran
Course Review Horay (CHR) adalah :
1. Informasi kompetensi
2. Sajian materi
3. Tanya-jawab untuk
pemantapan
4. Siswa atau kelompok
menuliskan nomor sembarang dan dimasukkan ke dalam kotak
5. Guru membacakan soal
yang nomornya dipilih acak
6. Siswa yang punya nomor
sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab, jika jawaban benar
maka diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau yang lainnya
pemberian reward.
7. Penyimpulan dan
evaluasi serta refleksi
Pada
bagian lain Suyatno (2009;126-127) mengatakan langkah-langkah tipe pembelajaran
ini sebagai berikut berikut :
a. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
b. Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
c. Memberikan kesempatan
siswa untuk tanya jawab
d. Untuk menguji
pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap
kotak diisi angka sesuai dengan selera setiap siswa
e. Guru membaca soal
secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan
guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar ) dan jika salah diisi
tanda silang (x)
f. Siswa yang sudah
mendapat tanda vertical atau horizontal, atau diagonal harus
berteriak “hore” atau yel-yel lainnya
g. Nilai siswa dihitung
dari jawaban benar jumlah “hore” yang diperoleh
h. Penutup
Ridwan
(2013;237-238) mengemukakann langkah-langkah dalam model pembelajaran Course Review Horay (CHR) adalah sebagai
berikut :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Guru Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
4. Untuk menguji
pemahaman, peserta didik diminta membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan
dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing peserta didik
5. Guru membaca soal
secara acak dan peserta didik menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya
disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar ) dan jika salah diisi
tanda silang (x)
6. Peserta didik yang
sudah mendapat tanda vertical atau horizontal, atau diagonal harus
berteriak “hore” atau yel-yel lainnya
7. Nilai peserta didik
dihitung dari jawaban benar jumlah “hore” yang diperoleh
Pendapat lain (Endang
Komara,2013;47) mengemukakan bahwa langkah-langkah dalam model pembelajaran Course Review Horay (CHR) adalah sebagai
berikut :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan
siswa untuk tanya jawab untuk menguji pemahaman
4. siswa disuruh membuat
kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan
selera masing-masing siswa
5.
Guru membaca soal secara acak dan siswa
menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung
didiskusikan
6.
Jika benar maka tanda centang dan jika salah diisi
tanda silang (x)
7. Siswa yang sudah
mendapat tanda vertical atau horizontal, atau diagonal harus
berteriak “hore” atau yel-yel lainnya
8. Nilai siswa dihitung
dari jawaban benar jumlah “hore” yang diperoleh
9. Penutup
Berdasarkan uraian di
atas maka dapat disimpulkan bahwa langkah langkah dalam model pembelajaran Course Review Horay (CHR)
adalah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
2. Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Melakukan sesi tanya
jawab untuk pertanggungjawaban
4. Untuk menguji
pemahaman, siswa disuruh membuat tempat jawaban. Tempat jawaban disini
berbentuk tabel (kotak) yang berisi 9 tempat 16 kotak atau pun 25 kotak.
5. Guru membaca soal
secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan
guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar ) dan jika salah diisi
tanda silang (x)
6. Siswa yang sudah
mendapatkan tanda vertical atau horizontal, atau diagonal harus
berteriak “hore” atau yel-yel lainnya. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar
dari jumlahnya horay yang diperoleh
7. Penutup (Kesimpulan)
Kelebihan model
pembelajaran Course
Review Horay (CHR) :
1.
Adanya umpan balik dari siswa melalui tahapan
tanya jawab
2.
Menumbuhkan semangat belajar melalui yel
“hore” dan lain sebagainya
3.
Pembelajaran tidak membosankan
4.
Meningkatkan aktivitas belajar siswa
5.
Siswa terlibat langsung dalam proses
Pembelajaran
6.
Bagi guru sangat membantu untuk memahamkan
siswa dalam memahami materi ajar
Kelemahan
model pembelajaran Course
Review Horay (CHR) :
1.
Membutuhkan kesiapan belajar
dari guru dan siswa secara matang
2.
Bisa menimbulkan
kegaduhan karena bunyi yel “hore” atau lainnya yang tidak terkontrol dari siswa
3.
Membutuhkan waktu yang
relative lama dalam proses belajar mengajar.Untuk itu, guru harus pandai-pandai
mengsiasatinya sehingga waktu yang tersedia dapat dimaksimalkan secara baik.
No comments:
Post a Comment