Teknik Evaluasi
Dalam proses
belajar yang efektif selalu menghendaki dipergunakan alat-alat untuk menentukan
apabila hasil belajar yang diinginkan telah benar-benar tercapai, atau
pengajaran yang diberikan mempunyai hasil yang diinginkan telah tercapai atau
tidak. Teknik evaluasi dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu :
1.
Teknik tes
Suharsimi
Arikunto (2006 : 33) “Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat
lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi,
kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.”
2.
Teknik non tes
Pada dasarnya
non tes digunakan menilai aspek tingkah laku, seperti aspek sikap, minat,
perhatian, karakteristik, dan lainnya yang bersifat kongkret yang dapat diamati
indera-indera.
Umumnya teknik
non tes digunakan untuk mengevaluasi peserta didik yang berkaitan dengan sikap
dan kepribadian.
Suharsimi
Arikunto (2006 : 26) mengemukakan bahwa jenis-jenis non tes adalah :
a.
Skala bertingkat
b.
Kuesioner (quesionair)
c.
Daftar cocok (check list)
d.
Wawancara (interview)
e.
Pengamatan (observation) danRiwayat hidup
No comments:
Post a Comment