D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
Nama : EVADORA LINGGA
NPM
: 11140038
Group : I
Prodi : Ekonomi
Dosen : Pdt.Melvin M Simanjuntak .STh,Msi
FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR
2013/2014
KATA PENGANTAR
Pertama-tama
saya mengucapkan terimaksih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat-Nya saya
dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu .
Saya
juga mengucapkan terimakasih kepada dosen Pdt.Melvin M Simanjuntak STh,Msi yang
telah membimbing saya dalam membuat makalah
ini dan kepada teman-teman
sekalian yang memberikan dukungan dan partisipasi dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Logika dan
Filsafat.
Adapun
judul dari makalah ini adalah Manusia
Merenungkan Dunianya dengan harapan dapat memberikan manfaat agar kita lebih
mengetahui bagaimana sebenarnya kita berinteraksi dengan lingkungan kita
masing-masing.
Makalah
ini jauh dari sempurna untuk itu saya mohon saran dan kritik pembaca yang dapat
membangun demi kesempurnaan makalah ini.Atas perhatianya saya ucapkan
terimakasih.
P.siantar
, 30 November 2013
PENDAHULUAN
·
Dunia
manusia
Dunia manusia adalah tempat ia lahir, hidup
dan bekerja.Pagi –pagi sampai malam dunia itu terbentang dihadapan matanya,dan
pada malam hari ia tidur, dapat dipastikan orang lain bahwa ia tetap berada di
dunia di tengah makhluk dunia lainya.Dunia manusia pertama-tama diselidiki
maknya dalam merenungkan manusia sesudah direnungkan manusuia sebagai subjek
pada dirinya direnungkan juga yang ada pada manusia tetapi merupakan bagian
kehidupanya yaitu dunia sebagai lingkungan hidup.
·
Sumbangan
ilmu pengetahuan
Pada segala bidang para ilmuan ikut menggali
kekayaan arti yang di dalamnya.Terhadap penyelidikan dan pemikiran para ilmuan
itu perlu mengambil sikap yang positif dengan menerima pikiran tersebut sebagai
sumbangan dalam merenungkan dunia manusia.
·
Krisis
kebudayaan
Berfikir secara ilmiah suksesnya luar biasa
terutama dibidang praktis hidup dan lebih diunggulkan dikalangan para
sarjana.Penyelidikan ilmu pengetahuan makin diarahkan ketujuan – tujuan praktis
hidup sedangkan pandangan hidu, perspektif hidup telah hilang dan akhirnya
kebudayaan kehilangan gairahnya seperti yang dialami cendikiawan.
Menurut Descartes (1596-1650) ilmu
pengetahuan berkembang pesat dan makin menyimpang dari berfikir tentang manusia
dan hidup.Sedangkan menurut Edmund Hussen (1859-1939) ilmu pengetahuan tetap
menuju ke arahnya sendiri dan makin lepas dari pandangan hidup manusia, maka
perlu ilmu pengetahuan itu diperiksa kembali ,intinya diberikan tempat yang
wajar kepadanya dalam suatu pemikiran tentang manusia dan hidup sebagai
keseluruhan.
I.
DUNIA
HIDUP DAN DUNIA ALAM
·
Dunia
manusiawi. Bagi Ibu Fatimah, dunia pertama artinya dunia sebagaimana muncul dihadapanya secara konkret yakni sebuah desa nelayan tertentu.
·
Dunia
teratur. Menurut pemikir –pemikir
tertentu dunia yang sebesarnya adalah dunia objektif.Dalam dunia
objektif ini dunia disamakan dengan sejumlah barang , yakni , tanah , benda
,tumbuhan , binatang ,manusia akan tetapi
barang - barang itu tidak bisa dikatakan teratur , sebab aturan itu
berasal dari subjek .
·
Alam.
Ternyata dunia sebagai alam mempunyai arti lebih objektif daripada dunia
sebagai tempat tinggal manusia . Memang dunia alam mempunyai arti yang khas ,
yakni terdapat dunia yang tidak menjadi kediaman manusia tetapi arti itu
diberikan oleh manusia sendiri .
·
Lingkungan
dan dunia hidup
Menurut Von Uexkull lingkungan
tidak bisa dibedakan antara dunia binatang dan dunia hewan karena dunia binatang
ditentukan oleh faktor - faktor alamiah sedangkan dunia manusia dibangun oleh
manusia sendiri secara bebas .Sedangkan Husserl membedakan lingkungan dengan
lingkungan hidup. .
·
Dunia
hidup
Dunia dihayati manusia masing -
masing dengan caranya sendiri . Misalnya dunia Ibu Fatimah artinya kedudukan
sebagai istri nelayan dan sikapnya sebagai pribadi dalam menghadapi situasi
hidupnya .
·
Dunia
ilmu alam. Ilmu - ilmu yang dikembangkan dalam zaman modern ialah ilmu fisika ,
kimia , biologi dan psikologi. Dalam ilmu fisika bahwa dalam dunia ada gerak
mekanis , listrik ,magnetisme dan lain- lain .
·
Manusia
dan dunia ilmu alam.Dunia ini merupakan hasil pengolahan ilmiah dari apa yang
nampak dalam pengalaman biasa .
·
Dunia
ilmiah. Pengertia tentang dunia yang bersifat ilmiah merupakan manusiawi sebab apanyang dicari bersifat
manusiawi .
·
Hubungan
antara dunia hidup dan dunia ilmu alam.Dalam pengalaman biasa air diketaui
sebagai gejala alam , seperti hujan , banjir , dan merupakan yang paling sering
digunakan dalam hidup.
II.
DUNIA
SEBAGAI LINGKUNGAN HIDUP
·
Penghayatan
lingkungan
Lingkungan hidup adalah dunia sekitar yang kita
hayati,unsur penghayatan ialah kecenderungan, presepsi, emosi dan perbuatan.
·
Barang
sebagai alat
Barang berfungsi sebagai alat apabila kita
bertingkah laku dengan adanya perbuatan
.
·
Makna
barang
Dalam pengertian luas barang itu adalah semua barang
yang sangat berarti bagi seseorang dan mendapatkan tempat dalam kehidupanya
.Beberapa persoalan yang mengatakan
bahwa barang itu bukan alat yaitu :
1)
Barang
alam sebagai barang alam tidak mempunyai arti alat misalnya lereng gunung yang
indah bukan suatu alat tetapi merupakan
sesuatu yang didaki .
2)
Barang
tertentu yang mungkin dibuat sebagai alat ,tidak berfungsi sebagai alat .
·
Pemeliharaan
Hubungan manusia dengan barang dapat dikatakan
sebagai pemeliharaan dimana suatu barang yang berharga dihidupnya pasti akan
dijaga dan dipelihara sebaik mungkin .
·
Melestarikan
lingkungan
Berarti memperlakukan barang alam sedemikian rupa sehingga lingkungan
hidup tetap dapat dipertahankan.
·
Memelihara
tanaman
Dalam memelihara tanaman yaitu perawatan sangat diperlukan untuk lingkungan hidup .
·
Pemusnahan
biosfer merupakan lingkungan hidup manusia dari segala makhlu yang hidup.
Akibat ulah manusia yang ingin memperoleh keuntungan dengan hasil alam dapat
merusak biosfer ,.
·
Eklogi
Cara untuk
menciptakan lingkungan yang baik dan membrantas dampak negatif . Harus
diperhatilan:
a.
Dikembangkan
sikap baru pada orang agar mereka lebig sadar bahwa hidup mereka tergantung
pada kelestarian alam .
b.
Pemerintah
harus melaukan tindakan untuk memulihkan kerugian yang telah ada yang telah ada
pada lingkungan hidup .
c.
Ilmu
pengetahuan mengenai alam harus dikembangkan .
d.
Para
ahli kimia dan biologi harus insaf terhadap penemuan baru .
e.
Penggunaan
penemuan baru harus dikontrol oleh para ahli sendiri .
III.
DUNIA HIDUP BERSAMA
·
Individual
dan sosial
Dalam dunia saya ada juga dunia orang lain dengan
arti bahwa manusia selalu membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup tanpaa
bantuan orang lain .
·
Dunia
bersama
Dunia bersama
timbul berdasarkan penghayatan yang pada hakikatnya sama.Kebersamaan
dilihat dari segi subjektif sedangkan dalam membahas dunia bersama itu dilihat
dari segi objektif .
·
Sosialisasi
Proses sosialisasi berlangsung melalui suatu
komunikasi yang intensif dengan adat istiadat dan nilai- nilai kebudayaan yang
dipegang oleh orang yang hidup bersama dalam suatu kelompok tertentu. Dalam
proses sosialisasi itu tiap- tiap orang harus belajar perananya sendiri sesuai
dengan bakat dan kedudukan yang dimilikinya
.
·
Fungsi
dialog. Hidup bersama selalu mengadakan dialog baik antara dua orang atau lebih..
Pembicaraan antara pribadi merupakan
bentuk yang paling sederhana ,seperti Bapak Kunoro dengan istirinya .Fungsi bahasa dalam dialog aalah sebagai pendirian , perasaan manusia pribadi ,
menerangkan suatu persoalan .
·
Hidup
sosial
Hidup bersama yang baik hanya dapat dibangun bila
orang mengambi sikap yang memadai.Sikap orang dalam hidup bersama tidak sama
dengan sikap orang terhadap benda dan binatang melainkan manusia sebagai subjek
dan binatang sebagai objek .
·
Hidup
politik
Ada 3 macam kegiatan dibidang politik :
1.
Kegiatan
membentuk norma- norma
2.
Melaksanakan
norma-nrma
3.
Mengontrol
dan mengawasi norma-norma
·
Hidup
ekonomis
Keadaan ekonomis sangat berpengaruh pada hubungan
antara satu orang dengan orang lain dimana materi juga akan menentukan posisi
bergaulnya dengan siapa saja.
·
Pria
dan wanita
Perbedaan pria dan waniata dalam penghayatan dapat
terjadi pada kegiatan ,cita-cita,dan cara masing- masing dalam menghayati
duninya.
·
Seksualitas
Pergaulan antara pria dan wanita yang berdasarkan
perbedaan jenis kelamin disebut pergaulan seksual.
·
Cinta
Hubungan yang baik dengan sesama dapat dikatakan
sebagai cinta karena penggalangan pokok dalam perwujudan hidup bersama yang
sejati merupakan suatu perasaan cinta.
IV.
DUNIA KEBUDAYAAN MODERN
·
Arti
dunia dan komunikasi
Arti dunia dalam hidup manusia berdasarkan
keberadaanya di dunia sebagai makhluk jasmani sedangkan komunikasi adalah
hubungan antara individu yang satu dengan yang lain baik melalui media maupun
secara langsung .
·
Kebudayaan
Bila terdapat persamaan antara semua orang dalam
cara membangun dunia dan hidup maka kesamaan
wujud semua manusia dapat tercapai .
·
Ilmu
– ilmu pengetahuan
Merupakan suatu pengetahuan khusus yakni hasil suatu
penyelidikan sistematis tentang apa yang muncul dalam kehidiupan sehari - hari
.
·
Sistem
ilmu- ilmu pengetahuan
Merupakan suatu sistem dalam pengertian - pengertian
di salah satu bidang tertentu digabungkan satu sama lain menurut hukum-hukum
akal budi .
·
Hidup
manusia modern
Ilmu - ilmu sosial berpengaruh pada hidup
kultural dan spritual manusia sedangkan
ilmu –ilmu alam pertama terpengaruh terhadap hidup material manusia .
·
Dampak
ilmu - ilmu pengetahuan
Dampak ilmu pengetahuan dan teknik atas hidup
manusia dilihat secara keseluruhan bersifat positif dimana pengetahuan sangat
berguna dengan teknik yang dihasilkanya .
·
Scientisme
Suatu kepercayaan yang berlebih kepada akal budi rasional dan suatu kurang
penghargaan terhadap pengalaman hidup dalam perasaan dan cita - cita hidup .
·
Kegagalan
scientisme
Dunia penghayaatan orang biasa harus dibebaskan dari struktur-struktur yang berasal dari
teori-teori ilmu tentang dunia untuk
memperoleh penghayatan asli yang dimaksudkan .
·
Ilmu
pengetahuan dan praktis hidup
Disamping pengarih ilmu pengetahuan atas sikap
pribadi orang yang nampak dalam sikap scientisme terhadap pengaruh ilmu
pengetahuan juga kehidupan manusia sebagai makhluk sosial .
·
Ilmu
pengetahuan bebas nilai
Dalam ilmu ini hanya diungkapkan apa yang benar yang lain tidak ada pengaruhnya.
·
Positivisme
ilmiah
Merupakan suatu ilmu pengetahuan tentang manusia
tanpa kepribadian, sosiologi positivisme merupakan suatu ilmu pengetahuan
tentang masyarakat tanpa hubungan harmonis antara anggota- anggotanya.
·
Ilmu
- ilmu pengetahuan manusia dalam perubahan
Beberapa saran -saran pembentukan kedua ilmu pengetahuan sosial:
1.
Metode
dasar segala ilmu pengetahuan adalah metode empiris rasional.
2.
Manusia
adalah suatu subjek dalam perkembangan .
3.
Harus
disertai dengan pendidikan dalam filsafat yang dikaji secara mendalam.
4.
Psikolog
dan sosiologi masuk suatu tahap baru.
5.
Untuk
melaksanakan ide yang dipaparkan dialog para ilmuan sangat berguna .
V.
KESIMPULAN
Dengan
demikian manusia dapat merenungkan dunianya dimana dunia manusia selalu berbeda
–beda dengan manusia yang lainya. Penghayatan manusia tergantung terhadap
dunianya dan melalui ilmu-ilmu pengetahuan manusia memperoleh teknik untuk
menghasilkan dan menjalani dunianya. Jadi manusia dalam merenungkan dunianya tergantung sejauh
mana menghayatinya dan selalu hidup bersama dengan orang - orang yang ada dilingkunganya.
.
No comments:
Post a Comment