RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(1)
Sekolah : SMP SWASTA SURYA MURNI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/1
Tema : 1. Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Sub Tema : 1. 3 Kehidupan sosial masyarakat
Indonesia pada masa
praaksara Hindu- Budha dan Islam
Sub-sub tema : 1.3.1Kehidupan masa praaksara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x
pertemuan)
Tahun Ajaran : 2014/2015
A.KOMPETENSI INTI
1) Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
1) Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
2) Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
3) Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.3 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
1.3.1. Mengucapkan syukur atas keberadaan manusia dan lingkungannya
(agama) .
|
2.
|
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, peduli, dan menghargai
perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
2.3.1. Menunjukkan perilaku
peduli saat melakukan kegiatan pengamatan gambar alat-alat yang digunakan
masyarakat pada masa praaksara .
2.3.1. Menunjukkan perilaku
peduli saat melakukan kegiatan pengamatan gambar manusia praaksara
2.3.2.Menunjukkan perilaku santun pada saat melakukan diskusi hasil
pengamatan gambar peninggalan sejarah pada masa praaksara
|
3.
|
3.3. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
3.3.1. Menggali informasi tentang kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa berburu dan mengumpulkan
makanan
3.3.2. Menggali informasi tentang kehidupan masyarakat
Indonesia pada masa bercocok tanam.
3.3.3. Menggali informasi tentang kehidupan masyarakat Indonesia
pada masa perundagian .
|
4.
|
4.3 Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
4.3.1. Melaporkan hasil
analisis dan diskusi
tentang
Kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa Praaksara .
|
C.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat mendeskripsikan
peninggalan kehidupan manusia purba pada masa praaksara dengan benar
2.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian masa praaksara dengan
benar
3.
Peserta didik dapat mendeskripsian letak
geografis masyarakat Indonesia pada masa
praaksara tanpa kesalahan
4.
Peserta didik dapat menyebutkan
pembabakan zaman pra aksara berdasarkan arkeologi dengan jelas dan benar
5.
Peserta didik dapat mendeskripsikan
kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia pada masa praaksara dengan benar.
6.
Peserta didik dapat mendeskripsikan
kehidupan sosial masyarakat Indonesia
pada masa praksara dengan baik dan jelas.
7.
Peserta didik dapat menyebutkan
alat-alat yang digunakan pada saat berburu dan bercocok tanam tanpa kesalahan.
D.MATERI PEMBELAJARAN
·
Pengertian masa praaksara
dan
·
Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara
E.METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik
·
Motode :
Diskusi dan penugasan
F.SUMBER BELAJAR
Bahan : LKS, Buku Siswa, Buku Guru
G.LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Pertemuan pertama
·
Peserta didik dan Guru
mengucapkan salam
·
Guru mengingatkan kembali
tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh Peserta didik yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari.
·
Guru menyampaikan
informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
|
80 menit
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
· Peserta didik mengamati fenomena berupa gambar Manusia purba dan peta penemuan fosila pada masa pra
aksara di indonesia.
· Berdasarkan hasil pengamatan Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok tentang hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan, kemudian
diminta dituliskan dalam buku catatan.
· Wakil dalam kelompok diminta
menuliskan dipapan tulis tentang hal-hal yang ingin diketahui dari hasil
pengamatan.
Menanya
·
Peserta didik diminta
merumuskan pertanyaan dari hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan
manusia purba.
·
Wakil dari Peserta didik
diminta menuliskan pertanyaan yang telah dirumuskan dipapan tulis.
Mengumpulkan data atau informasi
Peserta didik diminta mengumpulkan
informasi/ data yang relevan terkait dengan pertanyaan yang telah dirumuskan
dari berbagai sumber, seperti: membaca buku Peserta didik, mencari informasi
dari berbagai situs di internet.
Menganalisis data
Peserta didik diminta menganalisis data/ informasi untuk menjawab
pertanyaan dan membuat kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan
Mengkomunikasikan
Peserta didik
menyampaikan kesimpulannya secara lisan
atau tertulis, misalnya melalui presentasi kelompok, diskusi dan tanya jawab.
|
50 menit
10 menit
5 menit
10 menit
15 menit
10menit
10 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik diminta
untuk meningkatkan pemahamannya mengenai materi yang telah dipelajari dari
buku-buku pelajaran atau sumber informasi lain yang relevan
·
Guru dapat menberitahukan
situs-situs di internet yang terkait dengan konsep, prinsip atau teori yang
telah dipelajari oleh peserta didik dan kemudian meminta peserta didik untuk
mengaksesny
·
Peserta didik diberi
pesan-pesan moral oleh Guru
Peserta didik diberi informasi tentang pembelajaran beriku
|
20 menit
|
Pertemuan
kedua
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Pertemuan pertama
·
Peserta didik dan Guru
mengucapkan salam
·
Guru mengingatkan kembali
tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh Peserta didik yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari
·
Guru menyampaikan
informasi tentang topik dan tujuan
|
80 menit
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
a. Peserta didik mengamati
fenomena berupa gambar mengenai
masyarakat Indonesia pada masa
praaksara pada masa bercocok tanam dan masa perundagian?
·
b. Berdasarkan hasil
pengamatan Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok tentang hal-hal
yang ingin diketahui dari hasil pengamatan, kemudian diminta dituliskan dalam
buku catatan.
·
c. Wakil dalam kelompok
diminta menuliskan dipapan tulis tentang hal-hal yang ingin diketahui dari
hasil pengamatan
Menanya
a.Peserta
didik diminta merumuskan pertanyaan dari hal-hal yang ingin diketahui dari
hasil pengamatan, misalnya: bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia pada
masa praaksara pada masa bercocok tanam dan masa perundagian?
b. Wakil dari
Peserta didik diminta menuliskan pertanyaan yang telah dirumuskan dipapan
tulis.
Mengumpulkan data atau
informasi
a.Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/ data yang relevan
b.terkait dengan pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber,
seperti: membaca buku Peserta didik, mencari informasi
dari berbagai
situs di internet.
Menganalisis data
a.Peserta
didik diminta menganalisis data/ informasi untuk menjawab pertanyaan dan
membuat kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan
Mengomunikasikan
a.Peserta didik menyampaikan kesimpulannya secara lisan atau tertulis,
misalnya melalui presentasi kelompok, diskusi dan tanya
|
50 menit
10 menit
5 menit
10 menit
15 menit
10 menit
10 menit
|
Penutup
|
a.Peserta didik diminta untuk meningkatkan pemahamannya mengenai materi
yang telah dipelajari dari buku-buku pelajara atau sumber informasi lain yang
relevan
b.Guru dapat menberitahukan situs-situs di internet yang terkait dengan
konsep, prinsip atau teori yang telah dipelajari oleh peserta didik dan
kemudian meminta peserta didik untuk mengaksesnya
c.Peserta didik diberi pesan-pesan moral oleh Guru
d.Peserta didik diberi informasi tentang pembelajaran pertemuan
berikutnya.
|
20 menit
|
H.MEDIA PEMBELAJARAN
· Media: Powerpoint disasertai gambar
· Alat dan bahan :laptop,internet, papan tulis,Spidol dan penghapus
I.PENILAIAN
v
Sikap Spiritual
Teknik Penilaian: Observasi
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
Kisi-kisi:
No.
|
Nama Peserta
didik
|
Instrumen KD
1.3.1
|
||
Siswa dapat mensyukuri lewat doa
(1-3)
|
Siswa dapat hidup rukun walau berbeda
agama
(1-3)
|
Nilai Akhir
|
||
1.
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik : apabila
memperoleh skor 3
Cukup : apabila memperoleh
skor 2
Kurang : apabila memperoleh skor 1
v
Sikap sosial
·
Teknik Penilaian: Observasi
·
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
·
Kisi-kisi
No
|
Peserta didik
|
Aspek
|
Jumlah skor
|
|||
Perilaku peduli
|
Perilaku santun
|
|||||
Bekerja sama tanpa membedakan agama (1-3)
|
Mengucapkan salam teman tanpa
membedakan agama (1-3)
|
Menghargai teman yang sedang berdoa (1-3)
|
Tersenyum kepada semua teman (1-3)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Kisi-kisi
1.Bekerja sama tanpa membedakan
agama
No
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Selalu Bekerja sama
|
1
|
2
|
Kadang-kadang
|
2
|
3
|
Tidak pernah
|
3
|
2.Mengucapkan salam teman tanpa
membedakan agama
No
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Selalu mengucapkan
|
1
|
2
|
Kadang-kadang
|
2
|
3
|
Tidak pernah
|
3
|
3. Menghargai teman yang sedang berdoa
No
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Selalu menghargai
|
1
|
2
|
Kadang-kadang
|
2
|
3
|
Tidak pernah
|
3
|
4.Tersenyum kepada semua teman
No
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Selalu tersenyum
|
1
|
2
|
Kadang-kadang
|
2
|
3
|
Tidak pernah
|
3
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
memperoleh skor 10 - 12
Baik : apabila
memperoleh skor 7 - 9
Cukup : apabila
memperoleh skor 4 - 6
Kurang : apabila
memperoleh skor 1 - 3
v
Pengetahuan
Teknik Penilaian:
·
Tes: tulis
·
Non tes: Penugasan kelompok
Bentuk Instrumen:
·
Soal tes tulis uraian dan pilihan ganda
·
Proyek
Kisi-kisi / Soal
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Mendiskripsikan pengertian masa praaksara
|
1.Jelaskan pengertian
masa pra aksara!
2. Sebutkan 2 zaman pra aksara
berdasarkan arkeolog
3. Jelaskan 3 jenis zaman batu!
4. Jelaskan corak kehidupan manusia
praaksara memenuhi kebutuhan hidupnya pada masa berburu dan mengumpulkan
makanan!
5.Jelaskan bentuk perdagangan yang
dilakukan masyarakat pada masa
praaksara! .
6.Jelaskan corak kehidupan manusia
praaksara pada masa perundagian!
7.Tuliskan alat-alat yang digunakan pada masa berburu!
8.Tuliskan pengertian masa perundagian
menurut R.P. Soejono!
|
Jawab :
1. Masa praaksara ( masa prasejarah) adalah masa kehidupan manusia sebelum
mengenal tulisan.
2. zaman batu dan zaman logam
3. a) zaman batu tua merupakan suatu masa
dimana hasil buatan alat-alat dari batu yang masih kasar dan belum dihasilkan,
b) Zaman batu madya yaitu masa peralihan dimana
cara pembuatan alat-alat kehidupanya lebih baik dan halus.
c) zaman batu
muda yaitu suatu masa dimana alat-alat kehidupan manusia dibuat dari batu yang
sudah di haluskan serta bentuknya lebih
sempurna dari sebelumnya.
4.
Sangat bergantung pada
kondisi alam, mereka tinggal dipadang rumput dengan semak belukar yang letaknya
berdekatan dengan sungai. Disamping berburu mereka juga mengumpulkan tumbuhan
yang mereka temukan seperti ubi, keladi, daun-daunan dan buah-buahan. Mereka
bertempat tinggal didalam gua-gua yang tidak jauh dari sumber air atau dekat
sungai yang terdapat sumber makanan seperti ikan, kerang dan siput.
5.
Melakukan sistem barter
yaitu pertukaran barang dengan barang.
6.
Ditandai dengan dikenalnya
pengolahan logam. Alat-alat yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari sudah
banyak yang terbuat dari logam. Pada masa perundagian perkampungan sudah sudah
lebih besar karena adanya hamparan lahan pertanian. Perkampungan yang terbentuk
lebih teratur dari sebelumnya. Setiap kampung memiliki pemimpin yang disegani
oleh masyarakat, sudah ada
pembagian kerja yang jelas disesuaikan dengan keahlian
masing-masing.
7.
Alat-alat yang digunakan
pada masa berburu yaitu alat dari batu yang masih kasar, tulang,kayu, alat-
alat serpih dan kapak gengam.
8.
Menurut R.P. Soejono, kata
perundagiian berasal dari bahasa Bali undagi, yang artinya adalah seseorang atau sekelompok orang atau segolongan orang
yang mempunyai kepandaian atau keterampilan jenis usaha tertentu, misalnya
pembuatan gerabah, perhiasan kayu, sampan, dan batu (Nugroho Notosusanto,et.al,
2007).
Setiap no soal diberi nilai 20
d. Keterampilan
·
Teknik: Observasi
·
Bentuk Instrumen: Pedoman observasi
·
Kisi-kisi:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Instrumen
|
Nilai Akhir
|
|||
Kelayakan Isi
(1-4)
|
Kelayakan Penyajian
(1-4)
|
Bahasa
(1-4)
|
Kreativitas
(1-4)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh
skor 13 - 16
Baik : apabila
memperoleh skor 9 - 12
Cukup : apabila
memperoleh skor 5 – 8
Kurang : apabila
memperoleh skor 1 – 4
Lembar Tugas : Membuat kliping tentang manusia purba
No.
|
Nama Peserta didik
|
Instrumen
|
|
Nilai Akhir
|
||
Relevansi
(1-4)
|
Kelengkapan
(1-4)
|
Pembahasan
(1-4)
|
Ketepatan Waktu
(1-4)
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik : apabila memperoleh
skor 9 - 12
Cukup : apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang : apabila memperoleh skor 1 – 4
Pematangsiantar, Desember 2014
Mengetahui:
Dosen Pembimbing Guru Mata
Pelajaran IPS Calon Pendidik
Drs. Rommel Siburian ,M.Pd Hertani Nainggolan, S.Pd Evadora Lingga
NIDN.0114015701 NIP.19611225 198803 2005 NPM. 11140038
No comments:
Post a Comment