Wednesday, 17 December 2014

RPP KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       :  SMAN 1 TANAH JAWA
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas I Semester         :  X / Satu
Pertemuan ke              : 1 (Satu)
Alokasi Waktu            :  1 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami pokok permasalahan ekonomi dan sistem ekonomi

Kompetensi Dasar     : Memahami pelaku ekonomi (Rumah tangga, Negara, Perusahaan,     Masyarakat luar negeri) dalam kegiatan ekonomi

Indikator
o      Mengklasifikasikan pelaku-pelaku kegiatan ekonomi di masyarakat.
o      Mendeskripsikan peranan-peranan setiap pelaku dalam kegiatan ekonomi

I.             TujuanPembelajaran
Siswadapat;
o      Menyatakan pelaku-pelaku ekonomi dengan baik.
o      Menyatakan penjelasan dari setiap pelaku kegiatan ekonomi.
o      Menyatakan peranan-peranan pelaku dalam kegiatan ekonomi.

II.  MateriPembelajaran       :
A.    Pengenalanpokokpermasalahanekonomi.
B.     Pelakukegiatanekonomi
C.    Perananpelakudalamkegiatanekonomi


III.    MetodePembelajaran   :          
1.      Ceramah
2.      Pemberian tugas di kelas / luar kelas
3.      Diskusi

IV.    Langkah-LangkahPembelajaran


KegiatanPembelajaran

Alokasi
Waktu

A.      Kegiatan awal:
·    Pra-pembelajaran
i)                    Salam pembuka
ii)                  Perkenalan
iii)                Memeriksa kehadiran siswa
iv)                Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang diajarkan
v)                  Guru menyinggung pelajaran yang sebelumnya



10

B.           KegiatanInti :
v  Eksplorasi :
Ø Guru menanyakan yang termasukdalampelakudanperankegiatanekonomi. (nilai yang ditanamkan: jujurdanadil, kerjakeras, rasa ingintahu, menghargaiprestasi, tanggungjawab, pedulilingkungan)

v  Elaborasi :
Ø Siswamenentukansertamemahamiperananpelakuekonomidalamkegiatanekonomi
Ø Guru memerikantambahanmaterimengenaipelakuekonomidalamkegiatanekonomi( nilai yang di tanamkan: jujurdanadil, kerjakeras, rasa ingintahu, menghargaiprestai, tanggungjawab, pedulilingkungan.
v  Konfirmasi :
Ø  Menyimpulkantentangpelakudanperanekonomi  (nilai yang ditanamkan: jujurdanadil, kerjakeras, rasa ingintahu, menghargaiprestasi, tanggungjawab, pedulilingkungan)
Ø  Menjelaskantentanghal-hal yang belumdiketahuiolehsiswa (nilai yang ditanamkan: jujurdanadil, kerjakeras, rasa ingintahu, menghargaiprestasi, tanggungjawab, pedulilingkungan)


30

C.     KegiatanAkhir :
a.      Guru bersamasiswamenyimpulkanperananpelakuekonomidalamkegiatanekonomi
b.      Memberitugasuntukpertemuanberikutnya



5

V.     Model Pembelajaran : Student Team-Achievement Division (STAD)

VI.    Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Alat tulis (kapur, mistar), skema kegiatan pelaku ekonomi
karton bergambar

b.      Sumber Belajar      :    buku ekonomi kelas X penerbit erlangga dan esis

VII.     Penilaian
a.       Teknik       : Tugas individu dan kuis
b.      Bentuk      : Uraian singkat
c.       Naskah soal: terlampir


Teknik Penilaian

No
Nama siswa
1
2
3
4
5
Jumlah skor max
nilai
1








2








3








4








Keterangan :
Soal no:                                               skor max
1                                                                                                                    2
2                                                                                                                    2
3                                                                                                                    2
4                                                                                                                    2
5                                                                                                                    2
Jumlah skor max                                 10
Nilai = (skor perolehan : skor maksimal)x 100

No
Nama siswa
1
2
3
4
Jumlah skor max
Nilai
1







2







3







4







Keterangan :                                                                            skor max
1.      Sikap                                                      5
2.      Tanggung jawab                                     5
3.      Keaktifan                                               5
4.      Kualitas hasil diskusi                             5
Jumlah skor max                                    20
Nilai = (skor perolehan : 20)x 100
VIII. Bentuk Uraian

1.      Jelaskan perbedaan antara konsumsi, produksi, dan distribusi!
2.      Sebutkan masalah ekonomi yang dihadapi olehnegara berkembang pada umumnya!
3.      Sebutkan peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi!
4.      Sebutkan perana perusahaan dalam kegiatan ekonomi!

v  Jawaban :
1.      Konsumsi adalah kegiatan yang mengurangi atau yang menhabiskan nilai guna/ manfaat suatu barang dan jasa.
Produksi adalah kegiatan yang menambah atau meningkatkan nilai guna suatu barang dan jasa
Distribusi adalah kegiatan memindahkan atau mendistribusikan barang ahasil produksi produsen agar dapat sampai dan dikonsumsi oleh konsumen.

2.      Masalah ekonomi di negara berkembang :
o   Kemiskinan
o   Pengangguran
o   Produktivitas rendah
o   Kekurangan modal
o   Inflasi
o   Taraf hidup rendah
o   Kualitas SDM rendah
o   Pertumbuhan penduduk yang tinggi

3.      Perana pemerintah dalam kegiatan ekonomi:
o   Pengatur
o   Konsumen
o   Sebagai produsen

4.      Peranan perusahaan dalam kegiatan ekonomi:
o    Produsen
o    Pengguna faktor produksi
o    Agen pembangunan









Pematangsiantar, 1 Juli  2013

Mengetahui                                                                                         Guru Mata Pelajaran
Kepala SMAN 1 TANAH JAWA


Drs. Rommel Siburian. MPd                                                               Andreasi Simamora
                                                                                                            
                                                                                     



No comments:

Post a Comment