Laporan kepada lembaga pemerintah dan bursa saham
Kontrol pemerintah
Profesi
akuntansi sudah banyak mencapai kemajuan di dalam mengembangkan pelaporan
financial intern, pada saat bidang usaha dibebani lebih banyak lagi peraturan
pemerintah, control dan syarat-syarat pelaporan financial. Kadang-kadang
peraturannya cukup jelas dan gamblang namun baru-baru ini nampak ada
kecenderungan dikeluarkannya peraturan-peraturan yang saling bertentangan oleh
bermacam-macam jawatan pemerintah.
Jawatan pemerintah yang bertugas mengatur
Peraturan
pemerintah dapat diterapkan dengan pengontrolan secara langsung atas
undang-undang, piagam (charter), intruksi presiden (inpres) atau cara-cara
lain. Adalah menjadi tanggung jawab kontroler untuk memahami apa sebenarnya
persyaratan laporan keuangan yang diminta oleh jawatan-jawatan pemerintah
tersebut. Suatu perusahaan harus mengirimkan laporan secara periodik akan
mengetahui bahwa masing-masing laporan yang diminta itu meliputi informasi atau
data-data statistik, dan pembuatannya tidak harus dari catatan –catatan
akuntansi : bagaimanapun juga prosedur-prosedur harus dibuat untuk menjamin
adanya pemeriksaan yang semestinya dan adanya persetujuan sebelum laporan
dikirimkan. Selain itu adalah penting untuk menyusun daftar tentang semua
laporan yang sudah dikirimkan kepada setiap jawatan pemerintah.
Dinas-dinas
pemerintah lain begitu pula banyak komisi Negara bagian, mewajibkan dibuatnya
laporan oleh jenis-jenis usaha tertentu yang dianggap sangat dibutuhkan oleh
masyarakat. Perkiraannya meliputi antar lain:
1)
Suatu sistem perkiraan yang seragam, lengkap,
terperinci yang mengemukakan data-data yang harus dimasukkan di masing-masing
perkiraan dan prinsip-prinsip akuntasi yang harus diterapkan di situ.
2)
Petunjuk-petunjuk yang luas tentang bentuk dan isi
laporan, dan catatan-catatan yang harus diselenggarakan, tetapi bagan perkiraan
tidak digariskan disitu.
3)
Persyaratan administrasi yang sedikit sekali , yang
hampir tak ada artinya pada formulir tentang cara-cara menyelenggarakan
infromasi itu, dan menunjuk kepada informasi yang mungkin akan disimpan saja
walaupun ada persyaratan pemerintah.
Komisi efek dan bursa AS (SEC = SECURITIES AND
EXCHANGE COMMISSION)
Sebagai
pejabat akuntansi yang utama di perusahaan industri, para kontroler terlibat langsung
dalam urusan mematuhi persyaratan SEC. SEC adalah suatu badan pengatur dari
pemerintah federal AS yang independen. Fungsinya terutama administratif
menyangkut undang-undang surat berharga tahun 1933 dan undang-undang bursa
saham tahun 1934. Tentu saja masih ada tanggung jawabnya yang lain-lain,
menyangkut peraturan-peraturan yang lain pula, seperti misalnya undang-undang
perjanjian trust tahun 1939 dan undang – undang perusahaan investasi tahun
1940. Undang-undang surat berharga tahun 1933 dapat dianggap sebagai
undang-undang pengungkapan, yang menuntut diungkapkannya secara penuh dan wajar
semua fakta penting mengenai perusahaan yang menerbitkan surat-surat berharga,
sehingga calon investor bisa mengambil keputusan berdasarkan informasi yang
benar.
SEC dan praktek akuntansi
Wewenang SEC
dilaksanakan dengan menggunakan beberapa sarana:
1.
Peraturan S-X (regulations S-X)
2.
Keputusan formal
3.
Aneka warta akuntansi
4.
Keputusan, kaidah, atau kebijaksanaan SEC boleh
dikatakan menyangkut tiga tahapan utama dari kegiatan akuntansi:
a)
Masalah prinsip atau praktek akuntansi
b)
Masalah auditing
c)
Masalah perilaku profesional
Apabila
laporan tersebut disusun secara tidak sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi
yang sudah lazim atau tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh SEC
dalam salah satu segi yang penting maka dibuatlah apa yang disebut “surat
pemberitahuan kurang memenuhi syarat” atau “ surat komentar “ yang ditujukan
kepada regsitran yang mengirimkan laporan itu.
Corak kekurangan-kekurangan yang dilaporkan oleh SEC
Controller
harus selalu waspada terhadap jenis-jenis kekurangan yang banyak terjadi supaya
dapat mencegahnya. Mengenai
kekurangan-kekurangan pada laporan keuangan, kebanyakan dari item-item
kekurangan itu adalah akibat tidak dipenuhinya kaidah-kaidah tertentu, yang
sebagian besar terdapat di dalam peraturan S-X.
Peninjauan tentang
jenis-jenis item tertentu yang telah menyebabkan dibuatnya surat-surat komentar
oleh SEC, menunjukkan bahwa item-item tersebut meliputi segala bidang. Beberapa
diantara persoalan-persoalan yang paling banyak muncul adalah judul laporan,
uraian atau pengungkapan yang tidak jelas, cadangan-cadangan untuk keperluan
yang tidak diduga, cara mengkalkulasi harga persediaan barang-barang,
klasifikasi harta, dan catatan kaki yang menyangkut peraturan pensiun dan
pemebelian saham dengan penyerahan kemudian.
Bentuk-bentuk laporan kepada SEC
Suatu
perseroan terbatas yang terkena undang-undang surat berharga, bertanggung jawab
untuk selalu memberikan informasi kepada masyarakat tentang hal-hal penting
mengenai perusahaan itu. Syarat-syarat pelaporan dilaksanakan untuk memastikan
bahwa para investor mendapat infromasi yang cukup, agar berdasarkan fakta-fakta
tersebut dapat digambarakan berapa nilai saham-sahamnya.Melalui peraturan, SEC
sudah menetapkan dalam rangkap berapa suatu laporan harus dikirimkan:
Ø Bentuk laporan
tahunan 10-K- tiga copy lengkap.
Ø Bentuk laporan
triwulan 10-Q – Delapan copy.
Ø Bentuk laporan jangka
pendek 8K – tiga copy lengkap.
Bentuk laporan
tahunan 10-K dan laporan triwulanan 10-Q adalah yang mendapat perhatian utama
dari controller.
Bentuk laporan tahunan 10K
Bagian
I
Item 1. Bisnis
Item 2. Rangkuman operasi
Item 3. Kekayaan
Item 4. Perusahaan induk
dan anak perusahaan
Item 5. Perkara-perkara
hukum
Item 6. Kenaikan dan
penurunan surat-surat berharga dan hutang yang belum diselesaikan
Item 7. Perubahan saham –
saham dan perubahan hak atas saham atas nama
Item 8. Obligasi hutang
yang gagal memenuhi kewajiban
Item 9. Taksiran jumlah
pemegang saham
Item 10. Penyerahan persoalan
kepada pemungutan suara pemegang saham
Item 11. Ganti rugi
kepada para direktur dan pejabat
Item 12. Laporan
keuangan untuk pemegang saham dan laporan formulir 8-K
Bagian II
Item 13. Pemilikan saham
oleh mereka yang menjadi pemilik saham dan oleh manajemen
Item 14. Para direktur
dan pejabat eksekutif
Item 15. Imbalan untuk
para direktur dan pejabat
Laporan triwulan bentuk 10Q
Bentuk
10-Q memerlukan laporan keuangan singkat yang berikut ini:
v Perhitungan rugi laba
v Neraca
v Sumber dan penggunaan
dana
v Analisa manajemen
tentang perhitungan rugi laba triwulanan
v Informasi financial
lainnya
v Pemeriksaan oleh
akuntan public yang independen
Bursa saham
SEC
diberi wewenang yang luas sekali untuk menerapkan kebijaksanaan administratif
dan kemudian mengambil kebijaksanaan kerjasama sukarela antara bursa-bursa,
termasuk pula menggalakkan tata tertib yang memadai atau kaidah-kaidah mengenai
bursa.
PT Unilever Indonesia Tbk mencatatkan sahamnya di bursa efek pada tanggal 11
Januari 1982 dengan kode perdagangan UNVR. Harga IPO atau penawaran umum
pada saat itu sebesar Rp 3.175/ lembar saham dengan jumlah saham yang
dikeluarkan sebanyak 9.200.000 lembar saham atau 15% dari jumlah saham
perseroan, sehingga hasil perolehan IPO mencapai Rp29.210.000.000,00Dan harga selembar saham UNVR pada saat ini sebesar Rp30.400/ lembar saham (update harga 6 juni 2014 ) dengan jumlah saham beredar menjadi 7.600.300.000, singkat cerita harga dasar UNVR menjadi Rp20/lembar saham semenjak IPO, berarti imbas hasil yang diberikan oleh emiten ini sebesar 152.000 % atau 1520 kali lipat selama 31 tahun.
Bila kita menginvestasikan uang sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) pada 11 januari 1982, maka pada saat ini 6 juni 2014, 31 tahun kemudian uang anda akan menjadi 1.520.000.000 ( satu milyar dua puluh juta rupiah). Jumlah tersebut sangat besar, mengingat kita tidak bekerja, dan uang yang bekerja untuk kita.
So kita lihat ke depan lagi, apakah harga saham ini tetap melambung atau tidak, mengingat harga tetinggi saham ini tahun lalu sebesar Rp 37.350 /lembar saham, dengan ROA (return off asset) sebesar 40.1% dan ROE( return of equity) sebesar 125,8%, meskipun harga saham ini tinggi, tapi saham ini merupakan favorit banyak pelaku saham.
Syarat-syarat pemuatan di katalogus
Untuk
bisa dicantumkan dalam katalogus, penerbit saham harus membuat dan menanda
tangani permohonan yang mengikuti peraturan-peraturan bursa, permohonan mana
harus diserahkan kepada bursa dan disetujui oleh bursa. Di bawah undang-undang
bursa saham, permohonan pendaftaran harus dikirimkan kepada SEC dan juga kepada
bursa, sesuai dengan peraturan-peraturan SEC.
Persyaratan pelaporan pada NEW YORK STOCK EXCHANGE
Jika
saham-saham didaftarkan pada new York stock exchange, maka permohonan
pendaftarannya mengandung pernyataan setuju untuk mempublikasikan
laporan-laporan tahunan dan jangka pendek periodik tertentu.
Bentuk persetujuan
pendaftaran yang sekarang ini pada bursa saham new York yang memperlihatkan
berbagai syarat pelaporan dan pemenuhan syarat-syaratnya biasanya menjadi
tanggung jawab controller dapat dilihat dibawah ini.
Tujuan
persetujuan
Sesudah
mempelajari bentuk persetujuan pendaftaran yang sekarang seperti di bawah ini
maka jelas terbukti bahwa yang hendak dicapai apda umumnya adalah
sasaran-sasaran berikut ini:
1.
Mengungkapkan secepatnya kepada masyarakat umum dan
kepada bursa, informasi yang akan dapat memperngaruhi nilai saham atau
mempengaruhi keputusan investasi dan dalam hal mana para pemegang saham,
masyarakat dan bursa mempunyai kepentingan dilindungi undang-undang.
2.
Publikasi yang sering, teratur, dan segera, mengenai
laporan keuangan yang disusun sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang
sudah lazim dan cukup terperinci.
3.
Memberikan kepada bursa, informasi yang segera supaya
bursa dapat melaksanakan tugasnya secara efisien dan cepat, berupa
penyelnggaraan pasaran yang tertib bagi saham-saham perusahaan, dan supaya
dapat mengurus catatan-catatan yang diperlukan.
4.
Menjauhi perbuatan-perbuatan tertentu yang umumnya
tidak dapat dianggap wajar.
5.
Memberi kesempatan kepada bursa untuk mengambil
langkah-langkah mengenai hal-hal tertentu sebelum terlanjur menjadi fakta yang
tidak dapat diubah.
Administrasi
persetujuan
Tentu
saja bursa menginginkan supaya persetujuan pendaftaran itu dipatuhi
benar-benar. Namun ternyata bahwa kadang-kadang timbul situasi di mana sulit
sekali atau malahan tidak mungkin, salah satu satu persyaratan bisa dipatuhi
secara harfiah. Dalam keadaan demikian bursa cenderung untuk menitikberatkan
jiwa persetujuan itu dan bukan kata-katanya, dan akan berupaya bersama-sama
dengan perusahaan untuk mengatasu kesulitan tadi, sambil tetap mempertahankan
maksud persetujuan tersebut.
LAPORAN
YANG DISEDERHANAKAN DAN SEC
Dalam
membahas soal laporan kepada pemegang saham, karyawan dan masyarakat umum,
perlu adanya laporan keuangan yang disederhanakan yang memberi informasi kepada
pemakai dan pembaca laporan. Walaupun laporan konvensional memang berguna,
tetapi informasi hendaknya diberikan dalam bahasa yang sifatnya bukan teknis
akuntansi, supaya masyarakat dapat lebih memahaminya. Persoalan seperti itu
menyangkut pula persyaratan – persyaratan SEC; data-datanya harus mudah
dipahami supaya para investor bisa memenuhi persyaratan yang dimaksud.
No comments:
Post a Comment