Thursday 12 March 2015

Teknik Evaluasi
Dalam proses belajar yang efektif selalu menghendaki dipergunakan alat-alat untuk menentukan apabila hasil belajar yang diinginkan telah benar-benar tercapai, atau pengajaran yang diberikan mempunyai hasil yang diinginkan telah tercapai atau tidak. Teknik evaluasi dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu :
1.        Teknik tes
Suharsimi Arikunto (2006 : 33) “Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.”
2.        Teknik non tes
Pada dasarnya non tes digunakan menilai aspek tingkah laku, seperti aspek sikap, minat, perhatian, karakteristik, dan lainnya yang bersifat kongkret yang dapat diamati indera-indera.
Umumnya teknik non tes digunakan untuk mengevaluasi peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan kepribadian.
Suharsimi Arikunto (2006 : 26) mengemukakan bahwa jenis-jenis non tes adalah :
a.         Skala bertingkat
b.        Kuesioner (quesionair)
c.         Daftar cocok (check list)
d.        Wawancara (interview)
e.         Pengamatan (observation) danRiwayat hidup

No comments:

Post a Comment