Sunday 22 March 2015

.   Model Pembelajaran Course Review Horay (CHR)
            Menurut Kisworo (2007) Model Pembelajaran Course Review Horay merupakan suatu model pembelajaran kooperatif dengan pengujian pemahaman dengan menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang saling dulu mendapatkan jawabannya, yang saling dulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay.
            Menurut Suyatno (2009:218) Model Pembelajaran Course Review Horay adalah Pembelajaran kooperatif yang memiliki sintak informasi kompetensi, sajian materi, tanya jawab untuk pemantapan siswa atau kelompok untuk menuliskan nomor sembarang atau dimasukkan ke dalam kotak , guru membacakan soal yang nomornya diacak, siswa yang punya nomor yang sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab, jika benar maka diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau lainnya, pemberian reward, penyimpulan serta refleksi.
            Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Course Review Horay adalah Suatu pembelajaran dalam rangka pengujian terhadap pemahaman konsep siswa dengan menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yelnya. Melalui Pembelajaran Course Review Horay diharapkan dapat melatih siswa dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukan kelompok kecil.
2.1.2. Langkah-langkah model pembelajaran Course Review Horay (CHR)
                            Menurut Suyatno (2009;71) Langkah-langkah model pembelajaran Course Review Horay (CHR) adalah :
1.      Informasi kompetensi
2.      Sajian materi
3.      Tanya-jawab untuk pemantapan
4.      Siswa atau kelompok menuliskan nomor sembarang dan dimasukkan ke dalam kotak
5.      Guru membacakan soal yang nomornya dipilih acak
6.      Siswa yang punya nomor sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab, jika jawaban benar maka diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau yang lainnya pemberian reward.
7.      Penyimpulan dan evaluasi serta refleksi
                      Pada bagian lain Suyatno (2009;126-127) mengatakan langkah-langkah tipe pembelajaran ini sebagai berikut berikut :
a.       Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.      Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
c.       Memberikan kesempatan siswa untuk tanya jawab
d.      Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera setiap siswa
e.       Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar ) dan jika salah diisi tanda silang (x)
f.       Siswa yang sudah mendapat tanda  vertical atau horizontal, atau diagonal harus berteriak “hore” atau yel-yel lainnya
g.      Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah “hore” yang diperoleh
h.      Penutup
                                      Ridwan (2013;237-238) mengemukakann langkah-langkah dalam model pembelajaran Course Review Horay (CHR) adalah sebagai berikut :
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.      Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.      Guru Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
4.      Untuk menguji pemahaman, peserta didik diminta membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing peserta didik
5.      Guru membaca soal secara acak dan peserta didik menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar ) dan jika salah diisi tanda silang (x)
6.      Peserta didik yang sudah mendapat tanda  vertical atau horizontal, atau diagonal harus berteriak “hore” atau yel-yel lainnya
7.      Nilai peserta didik dihitung dari jawaban benar jumlah “hore” yang diperoleh
                          Pendapat lain (Endang Komara,2013;47) mengemukakan bahwa langkah-langkah dalam model pembelajaran Course Review Horay (CHR) adalah sebagai berikut :
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.      Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.      Memberikan kesempatan siswa untuk tanya jawab untuk menguji pemahaman
4.      siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
5.      Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan
6.      Jika benar maka tanda centang dan jika salah diisi tanda silang (x)
7.      Siswa yang sudah mendapat tanda  vertical atau horizontal, atau diagonal harus berteriak “hore” atau yel-yel lainnya
8.      Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah “hore” yang diperoleh
9.      Penutup
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa langkah langkah dalam model pembelajaran Course Review Horay (CHR) adalah :
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.      Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.      Melakukan sesi tanya jawab untuk pertanggungjawaban
4.      Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat tempat jawaban. Tempat jawaban disini berbentuk tabel (kotak) yang berisi 9 tempat 16 kotak atau pun 25 kotak.
5.      Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar ) dan jika salah diisi tanda silang (x)
6.      Siswa yang sudah mendapatkan tanda  vertical atau horizontal, atau diagonal harus berteriak “hore” atau yel-yel lainnya. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar dari jumlahnya  horay yang diperoleh
7.      Penutup (Kesimpulan)

Kelebihan model pembelajaran Course Review Horay (CHR) :
1.      Adanya umpan balik dari siswa melalui tahapan tanya jawab
2.      Menumbuhkan semangat belajar melalui yel “hore” dan lain sebagainya
3.      Pembelajaran tidak membosankan
4.      Meningkatkan aktivitas belajar siswa
5.      Siswa terlibat langsung dalam proses Pembelajaran
6.      Bagi guru sangat membantu untuk memahamkan siswa dalam memahami materi ajar
      Kelemahan model pembelajaran Course Review Horay (CHR) :
1.      Membutuhkan kesiapan belajar dari guru dan siswa secara matang
2.      Bisa menimbulkan kegaduhan karena bunyi yel “hore” atau lainnya yang tidak terkontrol dari siswa
3.      Membutuhkan waktu yang relative lama dalam proses belajar mengajar.Untuk itu, guru harus pandai-pandai mengsiasatinya sehingga waktu yang tersedia dapat dimaksimalkan secara baik.


No comments:

Post a Comment