Friday, 10 April 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 7)

Nama Sekolah             : SMP Negeri 4 Pematangsiantar
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          : VII/ Genap
Standar Kompetensi   : 6.  Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat
Kompetensi Dasar       : 6.1 Mendeskripsikan kegiatan distribusi barang/jasa.
Alokasi  Waktu           : 2 x 40 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
·         Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi.
·         Mengklasifikasikan sistem distribusi beserta contohnya.

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian produksi dan sumber daya ekonomi.
C.    Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.                                                          Pendahuluan
Ø  Apersepsi :  Dialog tentang kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan distribusi.
Ø  Motivasi      : Ditampilkan gambar-gambar kegiatan distribusi.

b.       Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
 Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·         Mengarahkan siswa untuk membaca buku sesuai dengan  materi pelajaran
·         Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,guru :                                                       
·         Tanya jawab tentang produksi dansumberdaya ekonomi
·         . Tanya jawab tentang macam-macam sumber daya ekonomi.
·         Memberikan tugas rumah untuk membuat rangkuman kegiatan ekonomi masyarakat.
Ø  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,guru:
·          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa.
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
c.       Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup,guru :
·         Memberikan siswa untuk memberikan reflex.
·         Memberikan tes.
·         Memberikan tugas rumah pada siswa.
E.     Media Pembelajaran
·         Media:  gambar non pertanian dan pertanian
·         Alat dan bahan
-            Kapur tulis,papan tulis
-            penghapus,spidol

F.     Sumber Pembelajaran
1.      Buku IPS pegangan siswa
2.      Lembar penilaian
3.      Lingkungan masyarakat
G.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian          : Tes tulis
2.      Bentuk Instrumen       : Uraian
3.      Soal / instrumen          :
1.      Jelaskan pengertian distribusi!
2.      Tuliskan fungsi distribusi!
3.      Tuliskan macam-macam distributor!
4.      Jelaskan peranan  distribusi!


            Setiap item diberi skor 20




                                                                                                         Pematangsiantar,    April 2015
                                                                                                                           
                                                                              
  Mengetahui,                                                                         
Dosen pembimbing                                 Guru Pamong                                  Peneliti                                   

                                                                                                                                                                                                      
(Drs.Herlina H Sianipar,Msi)                          (Susiarty Marbun, S.Pd)                         Evadora Lingga                                                                                                                                                                                                                                  (Evadora Lingga)

                                           

No comments:

Post a Comment